Monday, August 31, 2015

Rahasia Jaring Laba-laba

Selamat siang bunda,,,
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar dan bercerita dengan tema,,,,,


RAHASIA JARING LABA-LABA


Pada suatu hari ada seekor laba-laba sedang diam menunggu mangsa yang akan datang. Tak lama kemudian ada seekor capung yang terbang melintas dan hinggap di ranting dekat jaring yang dibuat oleh laba-laba untuk beristirahat sejenak sambil meperhatikan laba-laba yang sedang terdiam.
Sang capung tiba-tiba dikagetkan dengan adanya lalat yang menabrak jaring dan dengan cepat laba-laba itu mendekati dan menangkap lalat yang terjebak. Setelah melihat kejadian itu sang capungpung berkata “laba-laba temanku, kamu sungguh beruntung. Kamu hanya merajut jaring-jaring, maka makananmu akan datang sendiri menghapirimu”. Laba-laba hanya tersenyum dan berkata ” Jangan salah Capung, saya juga harus bekerja keras setiap hari untuk mendapatkan makanan”
“oh ya??? Ceritakan padaku bagaimana cara merajut jaring-jaring” pinta Capung
“Datanglah kesini nanti malam dan perhatikan bagaimana aku bekerja.” Jawab Laba-laba
Capung itu berjanji akan datang lagi dimalam hari untuk melihat Laba-laba membuat jaringnya, kemudian Capungpun terbang meninggalkan lala untuk mencari makan.
Malam telah datng Capungpun menepati janjinya dan hinggap di dekat tempat tinggal laba-laba. Dibawah sinar bulan, laba-laba melepaskan jaringnya dan hanya menyisakan jaring yang tebal yang membentuk bingkai, lalu mulai merajut kembali dengan sutra yang baru. Laba-laba itu berkerja keras hingga jaring yang beru terbentuk kembali.
Capung yang terus memperhatikan bertanya “Laba-laba mengapa kamu menghancurkan jaring lama dan merajut jaring yang baru?”
“Jaring-jaring yang lama tidak cukup lengket untuk menangkap mangsa” Jawab laba-laba.
“berarti kamu harus merajut jaring-jaring baru setiap hari?” tanya capung
“tentu saja! Saya didak bermalas-malasan seperti yang kamu kira.” Jawab Laba-laba
Akhirnya capung tau bagaimana cara kerja laba-laba. Capung berkata” mereka yang bermalas-malasan akan kelaparan, betul tidak?”
Laba-laba tersenyum dan berkata”Ya, Kamu betul. Kita harus berusaha jika ingin berhasil”
Pagi telah tiba Capungpun berpamitan untuk pergi memcari makan.

Untuk Bunda Ketahui,,,,
Perlu dijelaskan bahwa semua laba-laba memintal benang halus. Benang ini lebih tipis daripada rambut manusia dan cukup kuat untuk menahan 4000 kali berat laba-laba itu sendiri.  Selain kuat benang yang dibuat laba-laba juga ringan dan memiliki kekuatan 5 kali lebih kuat dari baja yang sama besar. Baja merupakan bahan terkuat yang dibuat secara khusus oleh manusia melalui pabrik industri. Maha Besar Allah yang telah meciptakan makhluk sekecil laba-laba dan mampu membuat benang yang lebih kokoh dari baja yang di buat oleh manusia.
Sutra laba-laba terbentuk di dalam kelenjar sutra laba-laba dan keluar sebagai benang cair yang mengeras begitu tekena udara. Sebagian besar laba-laba memiliki lebih dari satu jenis kelenjar sutra dan dapat menghasilkan sedikitnya dua jenis sutra yang dapat digunakan untuk membuat jaring.
Laba-laba biasanya membuat jaring ada malam hari, yatu dengan cara; pertamama-tama laba-laba memintal sebuah garis melintang dan menyangkutkannya pada ranting-ranting tanaman atau permukaan lain dengan aman menggunakan sutra khusus. Garis itu kemudian berfungsi sebagai garis bantu . dalam bingkai inilah laba-laba membentuk semacam lingkaran dengan banyak jeruji. Selanjutnya, berawal dari bagian tengah lingkaran itu laba-laba berputar terus membentuk jaring-jaring.
Laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, dengan cara bagian yang lengket akan memerangkap serangga yang menabraknya, kemudian dengan segera laba-laba akan memangsa serangga yang telah terperangkap.
Lalu mengapa laba-laba itu terperangkap di jaring-jaring yang dibuat?
Ada dua alasan, yaitu pertama laba-laba berjalan di atas jaring yang tidak lengket dan yang kedua di kaki laba-laba berminyak sehingga kakiknya tiak akan menempel pada jaring yang lengket.

Dan taukah Bunda??
Karena tipisnya, untuk mengitari bumi hanya memerlukan benang laba-laba seberat 320 gram..

Untuk lebih jelasnya bunda dapat membaca buku cerita Rahasia jaring-laba-laba dan Ensiklomini ya,  Aku Tahu keajaiban-keajaiban di sekitar kita.


Semoga bermanfaat,,,,

Rahasia Jaring Laba-laba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Popular Posts