Friday, September 11, 2015

Resep Bakso Tengiri Pantai


Selamat malam Bunda...

Kali ini tim kami akan memposting Resep Bakso Tengiri Pantai. Pemuatan Bakso ini berawal dari hobi saya yang sangat suka makan bakso. 

Lho kenapa Bakso Tengiri? kok bukan Bakso sapi?
Resep Bakso Tengiri Pantai
Bakso Tengiri

pasti pertanyaan seperti tiulah yang ada dalam benak anda. Memang Bakso tengiri itu berasal dari ikan tengiri yang biasanya didapat oleh para nelayan. Ikan tengiri termasuk ikan yang sulit didapat lo di pasaran.

Tim kami kebetulan ketika berkunjung dirumah teman yang rumahnya dekat pantai, kami diberi 1 ekor ikan tengiri, yang katanya sangat enak kalau dibuat Bakso. Saya sangat penasaran ingin encoba membuat Bakso ikan tengiri. 

Saya cari resep di internet, eh ternyata sangat banyak sekali resep yang saya dapat. Ini salah satu resep yang saya ambil dari internet.

Bahan Bakso :
400 gr
daging ikan tenggiri tanpa duri
4 siung
bawang putih tumbuk halus
2 btr
putih telur
1 sdt
merica bubuk
secukupnya
Air es
100 gr
tepung tapioka
1 sdt
Garam
Bahan kuah :
1/2 kg
tetelan dan tulang sapi
1 liter
Air
12 bh
Bawang putih cincang halus
secukupnya
Garam dan Merica
1 bungkus
Masako sapi
Minyak goreng untuk menumis
Pelengkap :
Bihun,tahu goreng,seledri,bawang goreng
Langkah-langkah pembuatan Bakso :
  1. Langkah pertama : membuat adonan bakso → campurkan ikan,bawang putih,putih telur,merica bubuk dan air es,aduk rata menggunakan blender.
  2. Langkah kedua : Tambahkan tepung tapiokan dan garam.aduk sampai smua bahan tercampur rata.
  3. Langkah ketiga : Panaskan air sampai mendidih, bentuk adonan dgn membentuk bulatan sesuai selera.lalu masukan ke dalam air mendidih,lakukan sampai adonan habis.angkat bakso jika sudah matang.biasanya bakso yg sudah matang akan mengambang.
  4.  Langkah keempat : membuat kuah Bakso → Rebus pretelan dan tulang sampai empuk kurang lebih 1 jam, tambahkan air jika kurang dan jangan lupa buang busa dari air rebusan daging,agar kuahnya bening.
  5. Langkah kelima : Tumis bawang putih sampai kuning keemasan,lalu masukan kedalam air rebusan daging,tambahkan masako,garam dan merica sesuai selera.didihkan sebentar,lalu matikan api.
  6.  Langkah keenam : Cara penyajian → susun di dalam mangkok,bihun,bakso ikan,tahu goreng,seledri,lalu tiangkan kuah nya dan taburkan bawang goreng,sajikan.







Resep Bakso Tengiri Pantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Popular Posts